Fedora Indonesia fedora : freedom

blogger templates
Dari berbagai distro linux yang sekarang terkenal dari ubuntu sekarang telah keluar dengan cinta freedom telah lahir distro terbaru dari fedora. Fedora adalah distribusi Linux yang dibuat oleh fedora project dan sponsori oleh RedHat. Fedora yang dulu lebih dikenal dengan Fedora Core adalah salah satu distribusi Linux yang mengedepankan kebebasan dan seluruhnya terdiri dari aplikasi serta perangkat lunak yang bersifat bebas (free as speech). Melalui semboyannya yang terkenal "freedom", "infinity" and "voices", Fedora dibuat melalui kontribusi berbagai pengembang perangkat lunak dari seluruh dunia sebagai distribusi yang terdepan dalam penerapan teknologi terkini. Sebagai pembuat distribusi Linux terdepan dalam teknologi fedoraproject akan tetap selalu merilis Fedora sebagai distibusi yang bebas setidaknya dua atau tiga kali dalam setahun dan dapat diperoleh di http://fedoraproject.org.

Fedora mendukung berbagai arsitektur komputer mulai dari i386, X86_64, dan PPC. Linus Torvalds sang penulis kernel linux menggunakan Fedora karena distribusi linux ini memiliki dukungan yang cukup baik untuk arsitektur PPC. Dukungannya terhadap komputer berarsitektur PPC, memungkinkan pengguna komputer berperangkat keras power-based keluaran Apple seperti Mac menjalankan Fedora secara native.

...Right now I happen to use Fedora 9 on most of the computers I have, which really boils down to the fact that Fedora had fairly good support for PowerPC back when I used that, so I grew used to it.... -- Linus Torvalds

Pada pertengahan 2005 muncul prosesor berinti dua dari Intel, AMD dan Power di pasaran. Fedora secara native mendukung komputasi dengan prosesor ber inti dua (dual core). Selang beberapa tahun kemudian, pada tahun 2007 muncul prosesor berinti empat dan Fedora siap digunakan untuk mendukung mesin-mesin ber inti banyak.

Fedora seperti distribusi Linux lainnya sangat mudah untuk diinstalasi dan digunakan. Sesuai dengan prinsip kebebasan, setiap pengguna Fedora dapat dengan bebas membuat distribusi sendiri yang disebut dengan Spin. Setiap spin dubuat berdasarkan kebutuhan tertentu yang diinginkan pembuatnya. Spin Fedora dibuat oleh kelompok yang memiliki minat khusus dan anggota komunitas. Ada pula Spin yang dibuat oleh Fedora Unity dan dapat diperoleh di unity spins.

1 Response to "Fedora Indonesia fedora : freedom"

  1. pantas aja linux makin terkenal yach terutama ubuntu, fedora, dan yang baru linux mint heheheheee post pertama neeeehhhhh

    ReplyDelete