Tuesday 31 January 2012

Hybrid Image

"Assalamualaikum wr.wb

Apa yang di maksud dengan Hybrid Image?....

Oke saya jelaskan
Hybrid Image adalah sebuah perangkat lunak yang khusus di buat oleh pengembang perangkat lunak linux yang gunanya untuk membuat USB startup ya kalau selama ini kita menginstall linux secara umum mendownload ISO master dan untuk mencobanya kita harus memburning CD/DVD. Sekarang dengan adanya Hybrid Image ini para pengguna linux (khususnya distro debian variant) kita tak perlu melakukan semua hal itu, karena dengan adanya Hybrid Image ini kita dapat membuat booting linux kedalam USB,

Dulu sebelum saya menggunakan Hybrid Image ini saya selalu menggunakan startup disk creator yaitu tool bawaan dari ubuntu untuk membuat booting melalui dari USB. karena berhubung harus menggunakan linux saya rasa ini terlalu mempersulit saya dan saya memncoba perangkat lunak yang memudahkan saya untuk mempermudahkan itu semua.

Karena saya pengguna 2 Operating system yaitu windows dan linux saya mencari software untuk masalah pembuatan di 2 jenis operating system ini. Baiklah saya akan memberikan tutorial untuk penggunaan Hybrid Image ini :




Cara Pembuatan Hybrid Image di linux variant Debian

## Melalui Terminal
  1. Buka Terminal / Konsole command line Linux anda Kemudian ketikan perintah :
    sudo dd if=~/Desktop/oneiric-desktop-i386.iso of=/dev/sdx oflag=direct  =1048576
    "~ / Desktop/oneiric-desktop-i386.iso" adalah letak dimana file iso berada. Dan "/dev/sdx" adalah dimana letak FlashDisk berada sedangkan "oflag=direct" adalah kita dapat langsung keluar setelah pemrosesan, ini hanya mempercepat saja.
  2. Bila kita tidak mengetahui letak dimana Flashdik kita dapat mengetikan perintah
    sudo fdisk -l
    Warning !  : Dalam pembuatan booting flashdik ini semua data yang sebelumnya ada di dilamnya akan secara otomatis terhapus semua, oleh karena itu cek dulu datanya sebelum pembuatan.Dan Contoh dari hasilnya maka kurang lebih seperti ini :
    Lintang27@Devilzc0de:~$ sudo dd if=~/Desktop/oneiric-desktop-i386.iso of=/dev/sdb oflag=direct bs=1048576
    706+1 records in
    706+1 records out
    740601856 bytes (741 MB) copied, 91.7024 s, 8.1 MB/s
     
## Melalui GUI

  1. Apabila kita ingin menggunakan tampilan GUI dan tidak ingin repot-repot kita membutuhkan aplikasi yaitu "usb-imagewriter", Adapun cara menginstallnya adalah dengan membuka Terminal dan ketiklah perintah berikut ini :

    sudo apt-get install usb-imagewriter
     
  2. Tool ini mensuport file ISO dan Juga Img.

## Melalui Operating system Windows 

  1. Untuk para Pengguna Windows kita dapat dengan mudah membuat Flashdisk Booting linux dengan mudah karena pihak debian user telah membuat software yang khusus untuk menangani hal ini yaitu dengan cara menginstall software "Win32 Disk Manager"
  2. Kita dapat mendownloadnya di https://launchpad.net/win32-image-writer/+download 

1 comment:

Cara membuat dock ubuntu dapat di minimize dan maximaze

 Assalamualaikum wr.wb salam para pecinta opensource ubuntu, oke kali ini mau bagi tutorial yang mungkin para pecinta ubuntu yang belum mene...