Sikap yang harus dimiliki dalam bekerja

blogger templates
Assalamualaikum wr. wb

Heeem sebenernya judulnya agak lucu paling hehehehe, gak dapat di pungkiri kalau suatu saat nanti baik itu kita sebagai pria ataupun wanita pasti ada perasaan ingin bekerja untuk mendapatkan hasil yang baik. Dan mau tidak mau kita akan menghadapi yang namanya dunia kerja, dan dunia kerja itu tak seindah dengan bayangan yang kita bayangkan. karena semua yang namanya perkerjaan itu pasti ada yang mengatur yaitu "Pimpinan" dan yang namanya pimpinan itu tugasnya menyuruh anak buah. Apabila terjadi kesalahan ya apa boleh buat pasti di marahi.

Jadi membuat pimpinan anda terkesan dan menyukai cara kerja anda adalah tujuan yang cukup penting. Tapi jangan menjadi anak buah yang terkesan mencari perhatian atau mencari muka atau apalah itu namanya :D
Trik untuk menarik perhatian pimpinan itu bisa di lakukan dengan cara yang halus tak harus berlebihan dan tidak nampak seperti anak buah yang mencari perhatian atau mencari muka, yang ada nanti malah pimpinan atau anak buah yang lain malah membenci anda.

oke langsung aja kita fikir dengan logika bagaimana cara mengambil hati seorang pimpinan dan bagaimana sikap kita sebagai anak buah, barikut adalah beberapa caranya:


  1. Beradaptasi dengan cara kerja atasan Anda Perhatikan kebiasaan bos Anda dalam bekerja. Misalnya, kalau atasan Anda lebih suka membahas pekerjaan melalui email, Anda tidak perlu repot-repot mendatangi dia secara langsung untuk membicarakan tentang suatu masalah dalam pekerjaan Anda. Tapi sebaliknya, kalau dia lebih suka bertatap muka secara langsung, jangan bahas pekerjaan melalui email yang panjang lebar. Sesuaikan kebiasaan kerja Anda dengan kebiasaan atasan Anda.
  2. Perlakukan atasan Anda seperti Anda memperlakukan orang lain Anda memang harus menghormati atasan Anda. Tapi jika Anda berada di luar lingkungan pekerjaan bersama atasan Anda, obrolan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan seperti soal keluarga, hobi, atau hal lain akan menarik atasan Anda.
  3. Kenali sifat yang umumnya diinginkan atasan dari karyawannya. Menurut Gerald McGroarty dari Brandon Taylor Consulting, ada 7 sifat karyawan yang diharapkan dari atasannya, yaitu:
  • Menuntaskan pekerjaan Fokuslah pada pekerjaan Anda, sehingga Anda mencapai target kerja Anda dengan baik, seberapapun sibuknya Anda.
  • Bertanggung jawab Orang yang tidak bertanggung jawab adalah orang yang tidak menepati janji. Jangan memberikan sebuah target terlalu tinggi, kalau Anda sendiri bahkan ragu apakah Anda bisa mencapai target tersebut atau tidak. Buatlah janji dan target yang dapat Anda tepati, dan jadilah orang yang bertanggung jawab. Dan ketika Anda melakukan kesalahan, siaplah untuk menanggung resiko dari kesalahan Anda tersebut.
  • Bekerja Ekstra Bekerja ekstra akan membuat Anda tampak istimewa, asalkan pekerjaan yang Anda lakukan masih dalam batas kewajaran dan sesuai dengan jabatan Anda. Anda bisa melakukan pekerjaan ekstra dengan cara membantu rekan Anda menyelesaikan pekerjaannya. Jelas hal ini akan membuat nilai lebih di mata pimpinan Anda.
  • Lupakan Harga Diri Anda Maksudnya, Anda harus bisa mampu bekerja secara tim dan mengesampingkan ego Anda. Terimalah bahwa kadang ada cara yang lebih baik dan efektif daripada cara Anda. Bila tim Anda sukses, Anda pun akan mendapatkan reputasi yang baik.Jauhi gosipGosip di lingkungan kantor memang menarik, selama bukan Anda yang jadi bahan pembicaraan. Tapi, atasan umumnya lebih suka bila Anda fokus pada kerjaan daripada asyik membicarakan tentang gosip seputar kantor. Ingat, pimpinan Anda tidak membayar Anda untuk mengetahui kabar terbaru di kantor atau bergosip! Hal ini berlaku juga untuk politik kantor, ya.
  • Berikan Solusi Tidak ada salahnya bertanya bila Anda mengalami hambatan atau masalah dalam melakukan tugas Anda. Tapi daripada sekedar mengeluh tanpa henti, berbicaralah dengan atasan Anda untuk mencari solusi terbaik.HormatSikap hormat tidak hanya diberikan kepada Pimpinan Anda saja, tapi juga rekan kerja. Bentuk hormat yang bisa Anda berikan adalah mengakui dan menyadari bahwa setiap orang memiliki pendapat yang perlu didengar. Sikap hormat yang Anda berikan niscaya akan Anda terima dari orang lain pula.
Sikap yang tepat serta cara kerja yang sesuai dengan Pimpinan Anda akan membantu Anda mendapatkan perhatian dari atasan Anda. Kualitas kerja yang baik dan kepribadian yang positif dijamin akan membuat Anda mendapat poin ekstra dari atasan Anda. Selamat bekerja!

0 Response to "Sikap yang harus dimiliki dalam bekerja"

Post a Comment