Adzan otomatis di ubuntu lucid

blogger templates
Assalamualaikum ...........

disini saya akan coba share ilmu yang mudah2an bisa bermanfaat amin...
langsung aja sesuai dengan judul pengingat sholat biar gak lupa....
1. Buka ubuntu software center

2. kemudian ketik "minbar"

3. Mengonfigurasi Minbar
Jalankan Minbar dengan masuk ke menu Applications > Accesories > Minbar Prayer Times, jendela utama Minbar akan muncul.


4. Disini anda akan melihat empat frame; Times yang menunjukkan informasi waktu sholat hari ini, Location yang menunjukkan posisi kiblat, Timetable yang berisikan satu tombol “Prayer Calendar” yang bila diklik maka akan membuka satu jendela baru dengan susunan kalender beserta waktu sholat pada tanggal yang bersangkutan, dan frame yang terakhir adalah Preferences yang berisikan satu checkbox “Play Athan” dan satu tombol “Preferences”.

5. Untuk melakukan pengaturan Minbar, klik pada tombol “Preferences” kemudian akan muncul satu jendela baru dengan tiga tab yang akan dijabarkan sebagai berikut:

6. Pada tab ini anda akan disuguhi dengan pengaturan yang terkait dengan kota anda berada sekarang. Klik pada tombol “Find City” untuk mencari kota tempat anda tinggal dengan berpanduan pada database Minbar. Bila anda tidak dapat menemukannya, anda dapat mencari di http://www.islamicfinder.org dan mencatat informasi latitude, longitude, city name, dan time zone kota anda. Kemudian memasukkannya secara manual di pengaturan “City Details” pada Minbar. Berikut informasi untuk kota Palembang; latitude: -2.91, longitude: 104.75, time zone: 7.0.


7. Ada tiga frame yang akan anda temukan disini yakni; “Options” yang berisikan satu checkbox “Start minimised to tray.” yang berguna untuk menyembunyikan Minbar langsung ke system tray ketika dijalankan. Frame berikutnya adalah “Notifications” yang berisikan satu checkbox “Yes, notify before N minutes” yang berguna untuk memberikan peringatan bahwa waktu sholat akan segera tiba pada N menit lagi. Frame terakhir adalah “Calculation Method”, yang berisikan pilihan mode kalkulasi waktu sholat berdasarkan beragam sumber dan mazhab.

8. Di tab yang terakhir ini anda akan disuguhi dengan pengaturan file adzan yang akan dimainkan ketika waktu sholat telah tiba. Tipe file audio yang didukung oleh Minbar adalah OGG Vorbis (*.ogg). Pilihlah file adzan yang anda inginkan agar dijalankan ketika waktu sholat telah tiba, dan jangan lupa untuk mengklik pada tombol “Play” untuk memastikan bahwa file yang anda pilih benar-benar dapat diputar. Anda dapat mendownload file-file adzan tersebut di link berikut: 1. Adzan Mesir, 2. Adzan Mekah, 3. Adzan Madinah (Subuh).

Bila semua pengaturan telah dilakukan, klik tombol “OK” pada jendela “Edit City Details”, dan klik tombol “Close” pada jendela utama Minbar untuk ‘mengirim’ Minbar ke system tray.



Minbar Otomatis Jalan Ketika Linux Dimulai

Untuk melakukannya, klik pada menu System > Preferences > Sessions. Pada jendela “Sessions Preferences” dan tab “Startup Programs”, kliklah tombol “Add”, dan anda akan disuguhi jendela “Add Startup Program”. Isikan Minbar Prayer Times pada “Name”, minbar pada “Command”, dan Minbar Prayer Times pada “Comment” kemudian klik “OK”, dan klik “Close”. Yup sekarang Minbar akan otomatis dijalankan ketika Linux anda dimulai. Untuk mencobanya, silakan restart komputer anda.

1 Response to "Adzan otomatis di ubuntu lucid"

  1. Subhanallah... bisa untuk pengingat waktu kita ya... nice info n nice trick

    ReplyDelete