Install aptana di ubuntu

blogger templates




Setiap pembuatan website, Saya selalu mengandalkan Dreamweaver dan bisa dibilang Saya masih sangat ketergantungan dengan Dreamweaver. Dari Macromedia Dreamweaver MX 2004 sampai sekarang Adobe Dreamweaver CS4 sudah pernah Saya gunakan semua.
Walaupun Adobe Dreamweaver bisa dioperasikan dengan normal di Ubuntu dengan menggunakan Wine, terkadang masih saja menemukan kendala-kendala seperti crash dan lag. Tapi apa mau dikata, bisa dibilang Saya sudah kepincut dengan sistem operasi dari Canonical ini.
Sudah banyak aplikasi pengganti Dreamweaver yang pernah Saya coba, hanya saja belum menemukan yang cocok sampai akhirnya Saya menemukan Aptana Studio.


Yang menarik dari Aptana Studio, bisa dimasukkan plug-in tambahan seperti pustaka-pustaka Javascript, AJAX, Phyton, PHP, Ruby dan lainnya. Aplikasi ini gratis dan open-source, Anda bebas mengunduhnya di sini.
Setelah selesai mengunduhnya, ekstrak berkas kompresi yang Anda unduh. Saya terbiasa meletakkan aplikasi-aplikasi di folder
/opt
Setelah selesai meng-ekstrak, pasang ketergantungan aplikasi
# sudo apt-get install sun-java6-jre sun-java6-plugin xulrunner
Kemudian buka text editor dan masukkan
#!/bin/bash
export MOZILLA_FIVE_HOME=/usr/lib/xulrunner
/opt/aptana/AptanaStudio #lokasi folder Aptana Studio Anda
Simpan dengan nama di folder tempat Anda meletakkan Aptana Studio
AptanaStudio.sh
Klik kanan file yang baru Anda buat, `pilh Properti > Hak Akses` kemudian centangkan `Bolehkan mengeksekusi berkas sebagai program`.
Untuk memudahkan pemanggilan aplikasi, buatlah peluncur di `Desktop` atau `Menu Utama`.
http://img820.imageshack.us/img820/8218/aptanapeluncur.png

dan anda dapat menjalankannya sekarang... semoga bermanfaat amin




1 Response to "Install aptana di ubuntu"

  1. mas, lebih detail lagi dunk penjelasannyaa,,,saya pemula di ubuntu..jadi bolak balik OS bikin web ribet juga,,,ajarin yaaahh...thanks be4.. :)

    ReplyDelete