Hp smart online dengan ubuntu karmic

blogger templates
Heeeemmmm.... sekian lama gak ngeblog bagi2 ilmu akhirnya sekarang ada kesempatan ya di karenakan kesibukan yang menghujam, nah sekarang ada ilmu baru bagi senang online internet pengguna HP Smart hebat hemat.... ya katanya se begono... hihihihi, ya sesuai dengan judul di atas inyong mau membahas tentang cara koneksi internet Hp Smart dengan ubuntu karmic andalan... ya memang sech hp smart di iklan TV cuma mendukung OS mikocok xp, tapi setelah coba di pc aku nahhhhh bisa selancar tu ubuntu karmic dengan kenyamanan HP smart hihihihi, kayak kakak beradik aja ~_~ oke lanjut memang perbedaan sangat menabjukkan saya mencoba download aplikasi ubuntu yang besarnya 50 mb itu bisa di hitung menit, ya bisa lah kalau buat saingan dengan aplikasi andalan windows untuk mendownload ya biasa dengan IDM....... ternyata tidak jauh beda kecepatannya ... gak percaya coba sedulur blog buktikan sendiri... ~_~ wwwwuussssttt...... bagaimana cara menghubungkan antara hp smart dengan ubuntu karmic???? langsung aja ke TKP yuk....
Langkah pertama –> Tancapkan kabel USB dan HP Smart D1200 ke komputer (hehehee….), kemudian bukalah konsole (ane saranin masuk aja ke root biar bisa ngakses penuh terhadap perintah-perintah yang nantinya dimasukkan :D oce). Kemudian ketikkan perintah lsusb (untuk mengetahui usb yang masuk) maka akan ditampilkan :

Bus 005 Device 003: ID 15eb:0001 Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub Bus 003 Device 002: ID 15d9:0a37 Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Nah… kemungkinan USB baru dari HP Smart D1200 yang kita masukkan adalah pada baris pertama yaitu : “Bus 005 Device 003: ID 15eb:0001″ (kalau misalkan di komputer anda berbeda ya…. tinggal pilih aja coba-coba tapi kemungkinan adalah yang paling atas karena yang terakhir kita masukkan) :)

Langkah Kedua –> Aktifkan modul kernel usbserial berdasarkan id hardware. dengan cara mengetikkan perintah :

$: modprobe usbserial vendor=0x15eb product=0x0001

Langkah Ketiga –> Periksa device apakah telah dikenali tapa masalah oleh Linux dengan cara mengetikkan perintah dmesg Jika tidak ada masalah kurang lebih akan dihasilkan kode sebagai berikut :

bootsplash: status on console 0 changed to on usb 5-2: USB disconnect, address 2 usb 5-2: new full speed USB device using uhci_hcd and address 3 usb 5-2: configuration #1 chosen from 1 choice usb 5-2: New USB device found, idVendor=15eb, idProduct=0001 usb 5-2: New USB device strings: Mfr=1, Product=2, SerialNumber=0 usb 5-2: Product: CDS4 usb 5-2: Manufacturer: VIA Telecom usbcore: registered new interface driver usbserial drivers/usb/serial/usb-serial.c: USB Serial support registered for generic usbserial_generic 5-2:1.0: generic converter detected usb 5-2: generic converter now attached to ttyUSB0 usbserial_generic 5-2:1.1: generic converter detected usb 5-2: generic converter now attached to ttyUSB1 usbcore: registered new interface driver usbserial_generic

Artinya USB HP Smart D1200 telah dikenali dengan baik dan dapat digunakan fungsi-fungsinya. :D

Langkah Keempat –> Editlah file wvdial.conf menjadi seperti berikut ini :

[Dialer cdma] Modem = /dev/ttyUSB0 Baud = 115200 Init1 = AT+CRM=1; +CMUX=1; +CPS=33; +CTA=0 Init2 = Init3 = Area Code = Phone = #777 Username =smart Password =smart Ask Password = 0 Dial Command = ATDT Stupid Mode = 1 Compuserve = 0 Force Address = Idle Seconds = 300 DialMessage1 = DialMessage2 = ISDN = 0 Auto DNS = 1

Langkah Terakhir –> Pada konsole ketikkan perintah wvdial cdma

Akhirnya … bisa online juga kan pake HP Smart D1200 dan Linux sebagai sistem operasi yang menyenangkan. Selamat mencoba semoga bermanfaat. Happy Coding :D

0 Response to "Hp smart online dengan ubuntu karmic"

Post a Comment