Ubuntu jadi standar OS buat Laptop

blogger templates

BERITA - teknologi.infogue.com - SAN FRANCISCO - Distro sistem operasi open source Linux Ubuntu berjaya di ajang Open Source Convention (OSCON) 2008 yang berlangsung di Portland, Amerika Serikat. Sistem operasi ini telah dipilih Acer untuk dibenamkan di Netbook-nya.

Pada ajang yang digelar untuk ke-sepuluh kalinya tersebut, Canonical yang merupakan pengembang Ubuntu berkesempatan memperkenalkan sistem operasi Linux Ubuntu terbaru yang dikembangkannya khusus untuk Netbook ukuran kecil berbasis prosesor Intel Atom.

Ubuntu menyebut sistem operasi yang secara khusus ditujukan untuk pengguna notebook ukuran kecil dengan nama Ubuntu Netbook Remix, kendati OS tersebut lebih dikenal sebagai the Ubuntu Mobile Edition (UME).

"Tampilan yang lebih sederhana dibandingkan distro Xandros yang dibenamkan Asus pada Eee PC-nya beberapa waktu lalu, membuat popularitas Ubuntu Remix akan melejit dan menjadi pilihan pengguna notebook ukuran kecil," papar pihak Canonical, yang disitat PCworld, Sabtu (26/7/2008).

Ubuntu Netbook Remix juga menjadi strategi jitu dari Canonical yang berusaha untuk mencari pasar selain PC desktop, yang mana kerja sama Ubuntu dengan sejumlah vendor Netbook telah menjadikan Remix sebagai standar OS dibandingkan menggunakan OS Windows XP.

Hingga saat ini juru bicara Canonical tidak mau berkomentar mengenai vendor-vendor yang ingin mengadopsi Netbook Remix. Canonical hanya mengatakan akhir tahun ini Ubuntu Remix sudah beroperasi di netbook-netbook.

Open Source Convention merupakan ajang yang diikuti oleh para pemain di bidang administrasi, bisnis, database, Java, Linux, mobile, Perl, PHP, programming, Python, Ruby, keamanan, dan aplikasi Web. Dalam perhelatan yang berlangsung sejak 21 Juli hingga 25 Juli kemarin itu, akan ditampilkan 400 sesi dari pemain-pemain tersebut.

Melalui OSCON 2008, Ubuntu mencoba untuk mengakhiri keterpurukan sistem operasi Linux dari pasar PC desktop dengan meluncurkan sistem operasi terbaru yang khusus ditujukan untuk Netbook PC berbasis prosesor Intel Atom.(srn)

sumber : INFOGUE.COM

0 Response to "Ubuntu jadi standar OS buat Laptop"

Post a Comment