Saturday 23 May 2015

Upgrade Speed Supra X 125


Assalamualaikum Wr. Wb

Hai sobat blogger tercinta
Postingan kali ini memang sedikit berbeda dari yang biasanya karena biasanya saya posting tentang teknologi tapi biar gak bosen ya udah lah sekali-kali posting masalah motor, ini tentang motor saya sendiri, ya walaupun bukan motor CC besar tapi saya bangga dengan dia yang setia menemani saya  dan sekarang sah milik saya hehehehe :D karena udah lunas sih... horeeeee...

karena saya gak tau tentang mesin nol akan pengalaman motor karena basic saya adalah komputer, tapi saya suka dengan motor.

Nah, yang saya bahas kali ini tentang speed atau kecepatan dari motor Supra X 125, biarpun kata orang (yang anak muda) katanya motor Supra X 125 itu motornya bapak-bapak gak masalah lah karena, toh calonya jadi bapak-bapak juga, dan kali ini saya dapet postingan dari facebook tentang bagaimana cara upgrade top speed yang ada di Supra X 125. Biarpun juga belum saya laksanakan trick tersebut karena memang belum ada dana untuk itu hehehehehe... nanti kapan-kapanlah kalau ada dana insya allah nanti saya ikuti cara tersebut dan memang sengaja saya posting biar nanti kalau mau upgrade tinggal buka postingan saya ini (notes).


Oke langsung saja ya berikut dan simak caranya:

Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125 


Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125 , untuk membuat laju Honda Supra X 125 non-injeksi agar lebih kencang dengan minim korekan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Namun sebelum kita korek lebih dalam sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengapa Honda Supra X 125 performanya kurang sempurna.

Kekurangan paling menonjol Honda Supra X 125 adalah mesin ngedrop begitu oper dari gigi 3 ke gigi 4. 
Sedang kekurangan yang kedua adalah jika pada kondisi panas atau siang larinya lebih berat dan kalau dingin atau malam menjadi lebih enteng larinya.

Nah sekarang untuk penyelesaian untuk meningkatkan kecepatan honda supra x 125.Masalah pertama yaitu mengenai mesin ngedrop begitu oper dari gigi 3 ke gigi 4.

Dari sini kita mesti curiga kalau gejala ini berkaitan dengan gearbox. Coba tes motor standar, pasti bakal ketahuan apa permasalahan sebenarnya. Begitu gearbox dibongkar,

tercatat spek rasio

gigi 1 :35/14,
gigi 2 : 31/20,
gigi 3 :23/20,
dan gigi 4 : 24/26.

Nah..bener kan, pantes aja gigi 2 bisa tembus di angka kecepatan 75 km/jam sedang kalo dari gigi 3 ke gigi 4 selalu ngedrop.

Carapenyelesaian paling umum untuk masalah ini adalah dengan ganti rasio gigi atau meningkatkan perbandingan kompresi . Sedang untuk peruntukan harian, pilihan paling rasional adalah dengan meningkatkan rasio kompresi.
Untuk meningkatkan rasio kompresi bisa dilakukan dengan beberapa
cara diantaranya :

1. Mengganti Piston Kasus untuk honda supra x 125, muka pistonnya cekung, yang artinya pilihan piston yang bisa diaplikasikan untuk meningkatkan kompresi adalah dengan piston dengan muka rata atau flat. Apabila memasang piston cembung tentu perbandingan kompresi terlalu tinggi. Sebagai pilihan cukup pasang piston Izumi  atau DG atau Daytona untuk honda supra x 125.

2. Memangkas blok silinder Kalau ini murah meriah bro, dan piston standar tetap bisa digunakan, blok silinder standar dipangkas sebanyak 1 mm. Ini secara otomatis menaikkan muka piston sebanyak 1mm. Namun agar kompresi tak terlalu naik, maka muka piston juga harus dibabat sebanyak 1mm. Hasilnya muka piston honda supra x 125 menjadi rata atau flat. Perlu diperhatikan juga bahwa tinggi tepi blok silinder terhadap muka piston diset 0,2 – 0,3mm. Pada kasus tertentu ternyata jarak antara muka piston dan tepi blok pernah ditemui 0,6mm, yang mana menjadikan efek pembakaran terlalu luas yang berimbas kemampuan mesin pada putaran menengah ke tinggi menjadi anjlok.

Langkah pemaprasan ini saja dengan kem dan CDI standar bisa membuat top speed motor 125 – 130 km/jam dengan catatan kondisi motor normal/tidak dimodifikasi yang memungkinkan terjadinya hambatan laju.

Permasalahan yang kedua yaitu mengenai perbedaan kecepatan honda supra x 125 saat siang/panas dan malam/dingin.

Cara penyelasaiannya cukup mudah yaitu dengan seting ulang karbu yaitu diset dengan setelan angin ditaruh di 1,25 putaran, kemudian ganti spuyer main jet dari standarnya 75 menjadi 80, dan knalpot standar dibobok dengan hitungan volume yang tepat. Sebenarnya dengan cara diatas aja sudah cukup untuk Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125. Namun kalau mau yang  lebih oke untuk meningkatkan performanya agar lebih maksimal lagi bisa dilakukan dengan mengganti beberapa part lainnya yaitu:

1. Mengganti per kopling Per kopling standar Honda Supra X 125 telalu lembut jadi perlu diganti dengan per kopling yang lebih keras yaitu per kopling buat balap alias racing kayak TDR, HRP, BRT, Daytona, Kitaco dll. Kalo mau yang murah ya tambahin ring di baut pengunci kampas kopling cukup satu atau dua aja.

2. Mengganti kampas kopling Dengan mengubah kampas kopling Honda Supra X 125 maka daya cengkram kampas kopling jadi makin yahud, jadi gak selip pada saat motor berjalan. Untuk kampas kopling bisa diganti dengan kampas2 kopling buat balap yang merek2nya juga hampir sama dengan yang di sebutin tadi di atas. Harganya ya lumayan tapi itu bisa buat motor Honda Supra X 125 gak selip, maksudnya waktu kita pindah gigi gak ngedrop banget lah gak kaya pakai standard tarikan juga tambah, di tanjakan bisa stabil.

Jadi intinya tenaga mesin semuanya tersalur ke tramsmisi. 3. Mengganti CDI Cdi pada motor manapun biasanya menggunakan limiter (pembatas RPM tertentu) agar motor tidak terlalu tinggi rpmnya. Cdi yang tanpa limiter ini biasanya adalah cdi racing, sekarang banyak pabrikan CDI yang buat balap memproduksi buat harian atau standard, misal BRT ato Rextor yang buat karisma bisa dipake plek di motor supra x 125 . Selain bisa menambah toop speed cdi racing bisa untuk menaikan pengapian.

*Arya

Cara membuat dock ubuntu dapat di minimize dan maximaze

 Assalamualaikum wr.wb salam para pecinta opensource ubuntu, oke kali ini mau bagi tutorial yang mungkin para pecinta ubuntu yang belum mene...